Amazing Green Canyon

Selama ini saya sering mendengar dari teman-teman betapa indahnya green canyon, tapi kalau cuacanya sedang tidak bagus maka pemandangan di green canyon tidak akan seindah pada saat cuaca cerah. Dimulai dari celetukan teman-teman 2 minggu sebelumnya pada saat kami sedang makan-makan di Steak Holycow, “Green Canyon yuk! Cuacanya lagi bagus nih!”, dan celetukan pun di sambut hangat oleh yang lain. Dimulailah saya membuat itinerary dan browsing-browsing, Dita pun sibuk booking rumah sewaan dan Elf. Akhirnya terkumpullah 21 orang , kami berangkat Jum’at malam dari kantor.

Rencananya kami jalan jam 9 malam, tapi ternyata ada beberapa teman yang harus menyelesaikan pekerjaannya. 1 Elf dan 1 mobil pun jalan jam 11.30 malam, molornya agak banyak yaahh😀. Kami berhenti  3x di Cileunyi, Nagrek dan Parigi, dan baru sampai di Green Canyon jam 1 siang. Perjalanan ini sangat panjang dan melelahkan namun kami tetap semangat. Jalanan dari Cijulang menuju Green Canyon rusak parah sehingga memakan waktu agak lama. Sesampainya di Green Canyon, kami makan siang dulu sebelum masuk ke green canyon nya. Saya pun membeli tiket masuk seharga Rp.125.000/perahu, 1 perahu isinya 5-6 orang. Harga tsb hanya untuk perjalanan PP perahu dan foto-foto di bebatuan pertama saja, belum termasuk extra time jika mau berenang. Kalau mau berenang harganya Rp.100.000/30 menit. Sebaiknya anda hitung waktu mulai dan waktu selesai agar tidak ditipu. Saya mencoba nawar harga langsung dengan sopir perahunya, namun keempat perahu tidak mau ditawar. Sepertinya memang mereka sudah ada kesepakatan sendiri.

DSCN0639

Mulailah perahu jalan menuju ke dalam lokasi green canyon, sungai yang airnya berwarna hijau ini sungguh mempesona, ditambah dengan tebing-tebing di pinggiran sungai dan percikan air dari atas. Perahu berhenti di bebatuan yang menutupi jalur, kami pun berhenti dan diinfokan untuk mulai berenang melawan arus ke arah batu payung. Dari bebatuan besar ini, ada tali tambang menuju bebatuan berikutnya. Kami pun mulai renang mengikuti jalur tali, namun untuk selanjutnya tidak ada talinya. Kami harus berenang melawan arus, kami menggunakan pelampung karena memang arusnya lumayan deras. Saya sambil berenang sambil mengagumi keindahan Green Canyon, terutama jika renang gaya punggung, ‘Subhanallah’ jika kita melihat ke atas sungguh cantik! Terlihat pemandangan kanan kiri tebing tinggi dengan langit cerah dan pohon merambat dengan rintik-rintik air terjun , Amazing!

??????????

??????????

??????????Batu payung adalah batu yang menyerupai bentuk payung, disini biasanya orang-orang lompat ke bawah. Untuk menuju atas, kita harus memanjat tebing bebatuan. Saya pun tertarik untuk melompat, mulailah saya renang dari satu titik ke titik lain untuk menuju tebing bebatuan, dan memanjat tebing tsb sampai ke atas. Sesampainya di atas sempat kami foto-foto dulu :p. Saya adalah orang yang takut ketinggian namun nekad hehehe… jadi walaupun takut, tetap mencobanya, sama seperti waktu naik parasailing atau flying fox, awalnya takut namun kalau sudah coba sekali jadi ketagihan hahaha. Nah, lompat di batu payung pun demikian, begitu sudah sampai atas, menuju ujung batu saya deg-deg serr melihat ke bawah ditambah ada percikan air dari atas berasa hujan, menambah gejolak deh ahh. “udah fet, lompat, masa dah sampe sini ga lompat” ucap teman saya. Begitu ada orang yang mengantri, saya menyilahkan agar dia duluan yang lompat hihihihii mengulur waktu. Yak, saya pun maju dan melangkahkan satu kaki ke depan dan terjunlah saya ke bawah, padahal pada saat terjun masih kepikiran “hastagah, bisa ga neh gw balik lagi keatas” hahaha…. Tapi yah udah ga mungkin dong dan terdengar suara “byuuurrrr” horaaayyyy sampai juga di bawah😀, dan teman-teman yang dibawah semua tertawa melihat keraguan saya pada saat lompat hehe.

??????????

Selesai kami melompat di batu payung, kami pun kembali lagi. Namun renang kali ini mengikuti arus jadi lebih mudah. Sesampainya di bebatuan pertama tadi, ternyata kapal tidak parkir disitu. Perahu-perahu parkir di tempat parkir perahu yang lokasinya agak jauh dari bebatuan pertama, hal ini dikarenakan untuk menghindari antrian. Karena perahu masih di tempat parkir, maka saya dan beberapa teman memutuskan untuk berenang ke tempat parkir perahu yang lumayan jauh kalau renang, tapi seru karena mengikuti arus seperti body rafting saja. Oiya, harga paket body rafting di Green Canyon Rp.200.000/ orang. Namun kami tidak ikut body rafting karena ternyata dengan renang mengikuti arus dan  menggunakan life vest pun kami sudah seperti ikut body rafting dengan harga yang terjangkau tentunya *wink*. Cuma memang pasti  beda karena rute mereka lebih panjang, menggunakan helm dan alas kaki.

Saya dan Acong yang pertama renang ke tempat parkir perahu, kami bareng dengan rombongan tim body rafting. “ati-ati… kanan ada batu, awas! Kiri ada perahu”  teriak instruktur body rafting, hahaha saya dan acong berasa ikut body rafting, teman-teman lain masih jauh di belakang. Acong berenang bak anak pulau, tidak pakai pelampung pula, canggih! paling sekali-sekali pegangan ke saya jika dia capek. Pada saat jalur sudah mulai tidak berarus alias sungai sudah mulai melebar dan tenang,kami pun menunggu pemandu kami dan teman-teman lainnya. Muncullah pemandu dan 3 teman kami lainnya, lalu kami meneruskan renang kami di pandu sang guide hingga sampai ke daratan, lalu kami jalan sedikit ke tempat perahunya.

Tidak terasa sudah sore hari, namun kami semua puassss. Walaupun perjalanan cukup panjang dan melelahkan, semua terbayar dengan cuaca yang cerah sehingga warna hijau tosca sang Green Canyon sangat memukau kami. Saya harap kunjungan saya selanjutnya ke Green canyon jalanannya sudah bagus😀. See you again Green canyon!

afterfocus_1378893536974

3 Comments (+add yours?)

  1. ACHNX
    Sep 20, 2013 @ 04:12:59

    Haha.. gua pegangan life jacket lu kali fet…..

    Reply

  2. ACHNX
    Sep 20, 2013 @ 07:44:08

    trip yg menyenangkan, dari mati gaya di dalem mobil sampe banyak gaya di green canyon, kapan-kapan klo kesana lagi mampir di rumah makan sodara gw ya RM Fajar Banjar, makanannya enak dan harga terjangkau, *tetep promosi

    Reply

Leave a Reply

