Enak Juga Solo Traveling!

Me, Solo Traveling

Saya Selama ini kalau traveling tidak pernah sendiri, saya selalu sama teman-teman, minimal dua orang. Kalau naik pesawat atau naik bus ke luar kota sendiri pernah beberapa kali, namun di tempat tujuan pasti ada saudara atau teman.  Terbersit di otak untuk mencoba traveling sendiri, karena menurut beberapa teman traveler, solo traveling itu seru.

Tiger Airlines info ada promo, iseng-iseng cek penerbangan Jakarta – Singapura (one way) hanya Rp.150.000. Tanpa berpikir panjang, tangan lebih cepat gerakannya dari pada otak, ‘klik’ pembayaran sudah tereksekusi hehehe. Tiket pulang saya cek harga termurah dengan Lion Air SGD90. Yeeaayy…  jadi juga solo traveling!

Selain solo traveling, kali ini saya pergi ke Singapura hanya weekend. Sabtu subuh berangkat dari rumah ke lebak bulus diantar teman naik motor, dan meneruskan perjalanan menuju SHIA (Soekarno Hatta International Airport) dengan Damri. Dengan bermodal 1 backpack dan kamera  dikalungi dileher, saya pun siap menikmati ‘solo traveling – weekend getaway’.

Berikut saya share kiat-kiat ’solo-traveling’ versi Fetty *big smile* :

  1. Research dan membuat Itinerary, traveling sendiri maupun rame-rame saya selalu melakukan ini. Ini untuk mengetahui tujuan kita disana dan pembuatan itinerary juga untuk mengetahui budget yang akan digunakan selama traveling.
  2. Lightweight Luggage alias Bawaan Harus Ringkes.  Ini penting banget! Dan saya mengakalinya dengan menggunakan backpack tercinta seperti biasa, karena backpack lebih mudah dibawa kemana-mana. Dan tentunya barang bawaan pun jangan berat, jadi jika keliling bawa backpack tidak berat. Biasanya isi backpack saya hanya baju ganti secukupnya (dengan cara digulung), alat mandi, peralatan elektronik yang dipelukan seperti hp,kamera beserta chargernya dan dokumen perjalanan. Biasanya pada saat pergi hanya terisi setengah backpack jadi ringan bawanya dan untuk jaga-jaga siapa tahu pulangnya beli oleh-oleh hehehe
  3. SKSD, ini istilah jadul yang artinya Sok Kenal Sok Dekat. Jalan-jalan dengan teman-teman selalu bisa mengobrol dengan teman. Kalau jalan sendiri bagaimana? jangan sungkan untuk mengajak ngobrol teman baru/traveler lain. Tapi yah tentunya lihat-lihat dulu apakah orang tsb sedang sibuk atau tidak, lihat moment untuk mengobrol yang pas. Selama saya traveling, tidak pernah merasa kesepian karena selalu dapat teman mengobrol😀.
  4. Jangan Malu Bertanya, kalau istilah jaman dulu ‘malu bertanya sesat dijalan’ Bener! Dan ini bukan hanya untuk solo traveling sih, tapi pada saat kalian solo traveling, dan sudah buntu mencari  alamat tujuan kita maka satu-satunya cara dengan bertanya ke orang sekitar.  Bertanya tidak hanya dalam bahasa saja, kalau sudah berada di Negara yang bahasanya tidak kita mengerti, bahasa tubuh dan peralatan tulis sangat di perlukan. Saya pernah bertanya di Negara yang beda bahasa dan tidak bisa berbahasa inggris dengan cara menulis nama tempatnya di kertas. Ini lebih ampuh dari pada lisan yang kemungkinan besar cara baca mereka dengan kita berbeda.
  5. Safety first, kalau wanita pergi jalan-jalan sendiri sebaiknya hindari tempat-tempat yang tidak aman apalagi malam hari. Kalau pergi sama teman-teman apalagi sama pacar sih nggak apa, ada yang jagain.
  6. Jangan sungkan untuk minta tolong. Nah!! Ini berhubungan dengan pengambilan foto hahaha… Saya biasa jadi model jika traveling bersama teman-teman, tapi kali ini saya harus minta tolong orang yang lewat atau kebetulan ada di sekitar saya untuk mengambil foto saya hehe. Tapi tahu diri juga minta difotoinnya, jangan sampai berkali-kali juga sih😀.
  7. Keep Smiling dan mengikuti peraturan daerah tujuan. Yang namanya tamu di daerah orang, maka harus sopan,  jaga diri, ramah dan mentaati peraturan daerah setempat.
  8. Last But Not Least : Be Brave. Jangan pernah takut untuk traveling sendiri, sangat menyenangkan kok!

Pengalaman saya solo traveling kemarin sangat menyenangkan walaupun waktunya singkat. Dan saya benar-benar Enjoy!! Seperti quotes traveling yang sering kita dengar “It’s not about the Destination, But Its Journey”. Selalu banyak cerita didalamnya, Happy Traveling!

2 Comments (+add yours?)

  1. muthz
    Jun 08, 2013 @ 01:38:01

    SKSD emang penting saat solo travelling ya mbak heheheh

    Reply

Leave a Reply

