Berkeliling di negeri gajah putih nan eksotik – Part 1

Thailand adalah negara tetangga yang sangat terkenal pariwisatanya di mancanegara. Tidak heran jika turis mancanegara memilih Thailand sebagai salah satu tujuan wisata di Asia. Selain karena promosi di negara ini yang sangat gencar, akses transportasi menuju ke negeri gajah putih ini pun cukup mudah. Negara Siam ini juga berbatasan dengan Laos dan Kamboja di sebelah timur, Malaysia dan Teluk siam di sebelah selatan dan ada Myanmar dan Laut Andaman di sebelah barat. Sehingga banyak para turis mancanegara yang masuk atau keluar melalui jalan darat dari/ke negara tetangga seperti Laos, Kamboja maupun Malaysia.

Dikarenakan Thailand merupakan negara anggota ASEAN, cukup mudah warga negara Indonesia dan warga negara anggota ASEAN lainnya untuk mengunjungi Thailand, tidak perlu menggunakan visa. Ditambah lagi semakin banyak promo dari berbagai maskapai penerbangan yang memudahkan kita untuk bepergian. Saya adalah salah satu orang yang melakukan perjalanan dikarenakan promo dari maskapai penerbangan hehehe. Setahun lalu saya ikut begadang menunggu promo dari AirAsia dan mendapatkan tiket dengan harga murah, Jakarta – Phuket hanya Rp.250.000 (nett), Phuket – Bangkok Rp.90.000 (nett), Bangkok – Krabi Rp.90.000 (nett). Dengan bermodal tiket murah tersebut, akhirnya saya dan 3 orang teman saya lainnya mengunjungi Thailand di bulan September 2012.

Kami berempat bukan pertama kali jalan-jalan bersama. Saya dan Nyoman pernah backpacking ke Vietnam sebelumnya, dan di Vietnam kami pun bertemu Triss. Di perjalanan kali in i Triss mengajak Yuren. Meeting point kami di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Triss dan Yuren sudah sampai di bandara Soekarno-Hatta pagi karena menggunakan pesawat pagi dari palangkaraya.

Tanggal 14 September 2012 sore, Terminal 3 bandara Soekarno Hatta merupakan titik tolak kami terbang dari Jakarta menuju Phuket, dengan waktu tempuh 2 jam di udara. Sesampainya di Phuket International Airport menunjukkan pukul 18.30. Dan dimulailah cerita trip ini….

Simon Cabaret Show

Sesampainya di Phuket International Airport, saya langsung celingak-celinguk sambil menggendong backpack 34L dengan senyum lebar berkata ke Nyoman “akhirnyaaaa… sampai juga di Thailand”. Sebelum mengantri di imigrasi, saya isi botol minum dengan mineral water galon yang disediakan di bandara, free loh! Selesai imigrasi kami sempat mampir ke counter Truemove, mereka membagikan simcard gratis dengan pulsa 30bath, lumayan bisa diisi ulang untuk menelepon/sms.

Sebelum pintu keluar ada yang menawarkan kami untuk transport. Sebelumnya saya memang sudah googling, ada taxi meter yang lokasinya berada di luar bandara dengan harga lebih murah untuk jarak  Phuket Int Airport – Patong hanya 550bath namun saya sudah pernah berbalas email sebelumnya dengan mereka, mereka hanya mau terima 3 orang plus luggage dalam 1 taxi. Karena info tsb, akhrnya kami bertanya ke orang yang menawarkan transport sebelum pintu keluar ini, harga taxi untuk jarak Phuket Int Airport – Patong, mereka menawarkan taxi limousine (untuk berempat + luggage) dengan harga 650 bath, kami pun setuju. Di Phuket Int Airport ada airportbus seperti damri, harganya 90bath/orang namun hanya sampai phuket bus terminal di phuket town, jika mau ke patong harus naik bus lagi dan membutuhkan waktu yang lama, sedangkan kami mengejar waktu untuk menonton Simon Cabaret Show jam 20.30. Karena kami berempat, harga taxi dibagi empat, jadi cukup irit😀.

Akhirnya kami naik taxi limousine, tapi bukan “limousine” yang panjang seperti di film-film yaahh…. taxi limousine disana sama dengan taxi silver bird di Indonesia dengan merek mobilnya Toyota, didalamnya pun sangat nyaman. Kami duduk di taxi jam 19.00. Sopir taxi kami ini bernama Yaya, seorang muslim, bahasa inggrisnya pun lumayan, kami bisa mengobrol dengan santai, dan dia pun sedikit bisa bahasa melayu. Dia pernah bekerja di Malaysia selama 6 bulan. Kami sempat bertanya mengenai Simon Cabaret Show, dan akhirnya kami pun disuruh mampir untuk beli tiketnya di salah satu travel yang mungkin sudah kerjasama dengan Yaya. Karena sudah terlanjur  berhenti dan kami belum membeli tiket maka kami akhirnya tawar menawar dulu dan mendapatkan harga 550bath/orang untuk kursi standard, seharusnya diluar harganya bisa 500bath/orang, namun karena waktunya sudah mepet maka kami beli tiket tersebut.  Sesampainya di Hotel waktu menunjukkan jam 20.15, kami memasukkan barang lalu pergi lagi menuju Simon Cabaret Show. Si mba-mba hotel yang saya tanya menginformasikan kira-kira jarak tempuh dari hotel sekitar 15 menit. Begitu jalan, ternyata lebih dari 15 menit ditambah lagi ditengah jalan hujan rintik-rintik, namun semangat untuk melihat pertunjukan Simon Cabaret Show tidak pudar, kami tetap semangat, Nyoman yang membawa kamera pun memakai jas hujan yang kami bawa. Sesampainya di Avenue, pertunjukan baru mulai sekitar 5-10 menit (kata sang penjaga).

Sesampainya di dalam ruangan, WOW!! Tidak sia-sia perjalanan kami ditemani rintik-rintik hujan menuju pertunjukan ini. Simon Cabaret Show adalah salah satu pertunjukan yang wajib di tonton jika kamu pergi ke Phuket. Pertunjukan ini adalah pertunjukan ‘para banci’ Thailand, tarian mereka sungguh memukau, dari tempat kami duduk (di atas), mereka terlihat cantik-cantik dan menawan, dan kami sangat terhibur. Selain tariannya yang menarik, saya salut dengan mereka yang sangat cepat dan cekatan ganti kostum dan background panggung. Mungkin karena pertunjukan diadakan setiap hari, mereka sudah sangat profesional. Oiya, didalam ruangan ini tidak boleh mengambil gambar atau merekam, karena pasti ketahuan oleh petugas dan di tegur. Acara berlangsung sekitar 1 jam, selesai acara para penari sudah berada di luar gedung dan berjejer. Jika ada yang mau berfoto, dikenakan biaya 100bath/penari. Dari jarak dekat ini kami menegaskan mereka, apakah tidak terlihat laki-lakinya? Ternyata ohh ternyata walaupun cantik, tetap terlihat ke’lelakian’nya hehehe…. Kami puas dengan pertunjukan yang mereka suguhkan, Luar Biasa!.

DSC_0005DSC_0004DSC_0003

Karena kami belum makan malam, maka kami pun mencari tempat makan. Kami pun singgah di salah satu restoran pojok jalan, tidak terlalu besar namun makanannya enak, kami pesan tom yam dan cumi bumbu saus tiram. Tom yam nya juara! Dengan harga 120bath/mangkok. Para lelaki pun membeli Phuket Beer. Setelah mengisi perut kami pun kembali berjalan ke hotel yang jarak tempuhnya sekitar 25 menit sambil menikmati malam di Patong.

Hotel yang kami tinggali adalah Seeka Boutique Resort. Kami memesan hotel ini melalui Airasiago dengan harga per kamar Rp.186.000. Untuk ukuran hotel dengan harga tsb hotel ini sangat nyaman dengan AC yang dingin, kamar mandi dalam dengan peralatan mandi dikemas seperti hotel, dan dilengkapi hot/cold water, juga disediakan kulkas dikamar dan ditambah free breakfast. Breakfast nya pun buffet ala western, bisa makan sepuasnya hehe… di restonya ini pun ada kolam renang yang bersih. Kami sangat merekomendasikan hotel boutique ini, namun kelemahannya adalah jaraknya yang cukup jauh dari pantai patong (20 menit jalan kaki), tapi untuk yang tidak suka keramaian hotel ini sangat nyaman.

Hari kedua kami hanya menghabiskan pagi dengan jalan-jalan di sekitar hotel. Triss sempat jajan makanan yang bernama Khao Ma, kalau di indonesia itu tape ketan. Warnanya putih karena dari ketan putih sedangkan di Jakarta dari ketan hitam, tapi rasanya sama😀.   Siang jam 11 kami sudah dijemput Yaya untuk menuju Phuket Airport. Kami sempat bertanya ke hotel dan travel sekitar hotel, mereka menawarkan harga airtport transfer oneway untuk kami berempat seharga 800bath, mahalnya… maka kami pun menelpon yaya untuk menjemput kami, dengan mobilnya yang keceh itu hehehe. Kalau di Jakarta manalah mungkin naik taxi seperti silver bird😀. Bangkok, We’re Coming! Yeayy!