Jadi Turis di kota Jakarta

“pada hari minggu aku keliling jakarta, naik motor istimewa dibonceng @sudarsananyoman kududuk diblakang, brrmm… brrmm… brrmm itu bunyi motorr”

Yaaahh… itu lagu yang menggambarkan jalan-jalan saya kali ini. Saya dan nyoman (yang biasa saya panggil mamang), mengawali perjalanan kami di hari pertama bulan Juli dari Gandaria city (meeting point) yang lokasinya di Jakarta Selatan menuju tujuan pertama yaitu Pantai Karnaval Ancol. Di perjalanan menuju ancol, kami pun mampir makan bubur ayam dan lontong sayur didaerah palmerah, yang berjualan menggunakan mobil box pinggir jalan. Begitu selesai makan kami agak shock dengan harganya, makan 1 bubur ayam & 1 lontong sayur & 2 teh botol seharga Rp.40.000 permirsaaahh…. mahallnyooo hahaha…

Kenapa kami ke pantai karnaval ancol?? karena selama 2 hari yaitu tgl 30 Juni & 1 Juli 2012 ada International Kite Festival 2012. Kami sampai di lokasi jam 9 dan masih sepi, para peserta masih siap-siap. Namun, ga berapa lama sudah mulai ada yang memainkan layang-layangnya, dan kami pun mulai bersiap-siap cari foto. Fyi, Kite Festival ini terdiri dari 18 negara sahabat & 15 provinsi di Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Dari jam 9 hingga jam 11, layang-layang yang dimainkan layang-layang biasa dengan beragam warna dan bentuk. Jam 11 baru mulai diterbangkan layang-layang 3 dimensi, mulai dari gerobak soto betawi, ondel-ondel,burung rajawali hingga bajaj. Terus terang, saya takjub dengan kreativitas para seniman layang-layang dari Indonesia, begitu beragam yang dibuat. Begitu kreatif mereka membuat layang-layang 3 dimensi, membuat layang-layang semakin cantik terbang di udara mengikuti arah angin. Ternyata teman-teman,  ada teman2 kecil juga yang sedang berwisata, mereka dari SD & SMP di daerah Pulo Gadung. Mereka berkeliling lapangan, dan mengunjungi masing-masing booth dari berbagai daerah/negara, lucuu dehh😀. Selain itu, ternyata ada si Unyil juga loohh… ternyata ada syuting program “si Unyil”, dulu waktu jaman saya kecil, film si Unyil ini yang menemani hari libur saya yang dulu di siarinnya di TVRI dan sekarang saya bisa pegang dia loohh… saya sempat foto si Unyil bersama si Kru.

Namun, sayang kami tidak dapat berlama-lama disini, karna masih ada 2 tujuan lagi. Kami pun melanjutkan perjalanan kami jam 12, dari Jakarta Utara menuju Jakarta Pusat. Sebelum ke tujuan kedua, kami “isi bensin” dulu di Rumah Makan Ampera Cikini. Setelah kecewa dengan sarapan tadi pagi yang mahal, kami pun lahap menyantap makan siang sampai-sampai khusyuk dengan makanan masing-masing hahaha…

Setelah kenyang, kami pun melanjutkan ke perjalanan kedua yaitu Museum Nasional atau yang biasanya dikenal dengan Museum Gajah. Biaya masuk ke museum nasional hanya sebesar Rp.5000/orang. Yaakk, saya terakhir ke Museum Gajah ini SMP dan begitu masuk museum ini berasa adem diteriknya sinar matahari siang itu. Ruang pertama begitu masuk Museum Gajah, saya langsung mengambil gambar Arca Adityawarman sebagai Bhairawa, salah satu kekayaan koleksi masa Hindu-Buddha.

Lalu kami pun berjalan menyusuri museum, menurut catatan brosur ada 140.000 lebih koleksi di museum ini,  yang termasuk koleksi adalah arca-arca kuno, prasasti , benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan seluruh Nusantara. Dan tibalah kami diruangan ber AC disinilah ada berbagai macam barang-barang kerajinan di Indonesia, satu-satu kami susuri,  respon saya adalah “betapa kaya Indonesiaku”. Setelah menyusuri ruangan tsb, kami pun ke gedung baru yang ada di samping gedung lama, kami niatnya beli minuman namun ternyata ada satu meja panjang dengan alas kain dasar warna putih namun permukaannya sudah di warnai dengan berbagai macam warna dan dipinggir meja dikerubungi dengan oranng-orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, ternyata ada kegiatan mewarnai batik. Selain di meja tersebut, tidak jauh ada juga lesehan dengan alas kain putih dan tentunya permukaan kain juga sudah beraneka ragam warna namun kalau ini khusus anak-anak kecil, ternyata ada juga payung kertas yang diwarnai, di ujungnya ada berbagai macam angklung, kegiatan ini tentunya menarik para pengunjung terutama para teman-teman kecil yang sedang libur sekolah. Di Gedung baru ini juga ada ruangan untuk arkeologi di Indonesia, kami pun memasukinya. Setelah semua ditelusuri, kami pun keluar gedung Museum Nasional menuju parkiran motor. Sebelum menuju tujuan berikutnya, kami pun shalat dzuhur di mushola dekat parkiran, dan musholanya bersih.

Tujuan Terakhir adalah Monumen Nasional (Monas), persis disebrangnya Museum Nasional. Rencananya kami mau naik ke Monas, tapi  ternyata ramai sekali pengunjung mungkin karena liburan anak sekolah, jadi kami urungkan niat untuk masuk ke dalam Monas dan naik ke atasnya. Di Monas pun kami berfoto-foto ria, atau lebih tepatnya sang Fotografer (mamang) sibuk mengambil gambar sang model (dibaca: saya :p). Ada beberapa candid snapshot yang diambil, dan saya sukaakk!! Thanks to my photographer hehehe.

Selesai mengambil gambar pun kami duduk di pinggiran sambil melihat berbagai macam orang dan kegiatannya. Semilir angin sore pun menyegarkan tubuh kami yang sudah berkeringat, tidak terasa sudah dari jam 7 pagi saya keluar rumah yang berada di selatan jakarta (dibaca : tangerang selatan) dan rumah mamang yang berada di Jakarta Barat. Trip Jakarta ini sangat menyenangkan! Mungkin banyak orang dewasa yang tinggal di Jakarta lupa bahwa begitu banyak tempat wisata di Jakarta seperti Museum-museum yang dapat di kunjungi, tidak melulu Mall, walaupun saya termasuk anak Mall hehehe… keliling kota Jakarta seperti ini bukan yang pertama, sebelumnya saya dan teman-teman pernah mengunjungi Taman Prasasti di Tanah Abang dll. Coba deh sekali-sekali jadi turis di kota sendiri, it’s Fun!!

2 Comments (+add yours?)

1. dyudo
    Jul 23, 2012 @ 08:58:05

tukang bubur ayam + lontong sayur itu kok bikin gw jadi ikutan emosi ya…

2. mebackpacking
    Jul 23, 2012 @ 09:30:09

hahahahahaaa…. benerrr masDim, emosih gw juga makanya cepet bett lapernye *alesaannn*