Cantiknya Pemandangan Bawah Laut Menjangan Bali

This slideshow requires JavaScript.

-Lanjutan cerita Lovina, The Place of Dolphins-

Selesai dari melihat lumba-lumba di laut Lovina, kami pun berlanjut untuk snorkeling seharian di Pulau Menjangan. Pada saat kami breakfast di Angsoka Hotel, saya sudah ditelepon oleh guide kami, Bli Gede yang selanjutnya kami panggil Dika, dia mengingatkan agar kami bisa sampai di sana jam 10.

Kami janjian dengan Dika di Mimpi Resort menjangan. Kembali kami menuju Mimpi Resort Menjangan dengan Google Map, jarak tempuh sekitar 1,5 jam. Dika sudah menunggu kami di pinggir jalan, guide yang baik. Lalu kami dipandu untuk menuju pelabuhan Banyuwedang dan memang lokasinya dekat Mimpi Menjangan Resort. Pelabuhan kecil ini hanya untuk menyebrang menuju Pulau Menjangan. Sesampai di pelabuhan ini, kami pun langsung ganti baju dan memesan makanan untuk makan siang nanti. Warung makan satu2nya di pelabuhan ini, memang sudah menyiapkan menu paket untuk dibawa para turis sebagai makan siang. Harganya per paket Rp.30.000 isinya nasi goreng /mie goreng, kerupuk, aqua gelas dan buah. Sedangkan untuk harga paket snorkeling ini seperti yang pernah dika infokan sebelumnya via telepon, terdiri dari tiket masuk Rp.2.500/org, asuransi Rp.4.000/org, sewa perahu Rp.330.000, jasa guide Rp.75.000, sewa alat snorkeling Rp.40.000/org. Kalau mau ke Menjangan, bisa telepon Dika di nomor hp 085237055565.

Setelah siap kami pun menuju perahu, selain kami berlima ada 3 bule dari Perancis yang ikut rombongan kami, mereka sudah biasa snorkeling bahkan sudah pernah di kepulauan Karibia. Fyi, di pulau Menjangan ini turis lokal hanya kami, yang lainnya bule. Pada saat perahu sudah jalan, jernihnya air lautpun sudah membuat saya tidak sabar ingin nyemplung hehe… mendekati pulau kami melihat rombongan lumba-lumba, sudah puas sebelumnya di Lovina, dikasih bonus lagi untuk lihat di Menjangan, senangnyaaa. Selama di perahu Dika sempat menanyakan siapa yang belum pernah snorkeling dan teman-teman saya seperti Helen (yang dulunya takut air), Stany dan Desi pun langsung merespon. Sebagai guide yang baik, Dika mengajarkan mereka cara untuk snorkeling dan cara menggunakan alat snorkeling, fyi kita tidak diberikan pelampung, karena menurutnya akan berat jika menggunakan pelampung. Karena saya demen nyelam, selagi mereka diajarin Dika, saya sudah mulai jalan, dan WOW… pemandangan yang cantik, itu baru di pinggir pulau yaaaa…. Begitu semua sudah siap, maka kami pun mulai jalan menuju ke tengah dengan kedalaman 3-5 meter. Saya, stany, bang mesah, desi pun bergandengan tangan, dan Helen menyabotase Dika hahahaa… curaanngg. di Menjangan ini, bawah lautnya berbentuk palung, jadi saya snorkeling diatas perbedaan kedalaman, disebelah kiri saya 3-5 meter, sedangkan sebelah kanan saya sudah 30 meter, terasa perbedaan warna dan suhu yang terjadi. Takjub saya dibuatnya, banyak sekali ikan warna-warni berseliweran, koral hidup, soft coral warna-warni, dan berbagai macam jenis ikan, kami bertemu jelly fish, nemo, niddle fish dan masih banyak lainnya. Dika mengambil foto kami dan para ikan, dan tentunya saya share di blog ini J. Dikedalaman 10 meter pun Dika membuat pertunjukan membuat bubble untuk kami, canggiiihhhh…. dia biasa free dive.

Di titik pertama, kami puas snorkeling sekitar 1,5 jam. Kami pun disarankan untuk istirahat makan siang dengan bekal yang sudah kami beli sebelumnya. Selesai makan siang, kami pun diajak ke titik lain, dan kapalnya berhenti di kedalaman 30 meter, huuwwwaaaa…. begitu liat kebawah, gelapp. Kami disuruh renang dulu ke kedalaman 3 meter, untung ga terlalu jauh sekitar 2-3 meter berenangnya. Dan dikedalaman 3 meter ini kembali disuguhkan kecantikan bawah laut. Selama beberapa kali saya snorkeling di Bali (nusa penida,amed,tj benoa), Menjanganlah yang paling indah, karena memang Menjangan merupakan Taman Nasional Bali Barat yang dijaga keasriannya. Oiya, di pulau Menjangan ini, elain bawah lautnya, di pulaunya pun kita bisa melihat para menjangan, kuil dan goa para kelelawar.

Selesai puas bersnorkeling dan berfoto-foto underwater, kami pun kembali ke banyuwedang. Sampai di Banyuwedang sekitar jam 4, berarti dari pagi sampai sore kami bersnorkeling, puaasssss plus ditambah bibir jontor kaya abis makan pop corn satu panci gede (karena keasinan) hehehe. Sampai di Banyuwedang, kami membilas badan dengan air panas alami.  Selesai bersih-bersih kami pun kembali ke hotel kami di Lovina. Namun, ada rasa kerinduan untuk kembali lagi ke Pulau Menjangan nan cantik ini, someday I’ll be back.

18 Comments (+add yours?)

  1. mega sijabat
    Aug 21, 2012 @ 07:59:38

    halo,
    saya mau ke menjangan sabtu nanti sama temen. nah saya udah sms tuh Bli Dika, tapi kok mahal banget ya harga sewa kapalnya?
    kalo info kamu kan Rp 330.000, itu hitungnya perkapal atau per kepala?
    saya dikasih Rp 350.000 untuk 2 orang. dan itu udah termasuk sewa alat snorkeling. dan itu ga jelas deh udh termasuk jasa guide atau belum.
    kalo kamu dulu akhirnya total satu kepala kena berapa ya?

    ditunggu banget balesannya🙂

    makasiiiihh🙂

    Reply

    • mebackpacking
      Aug 21, 2012 @ 08:17:50

      Hai mega,
      waktu itu saya berlima jadi langsung sewa untuk 1 kapal.
      dg rincian Rp.330.000 (kapal) + tiket masuk Rp.12.500 (5 x Rp.2500) + asuransi Rp.20.000 (5 x Rp.4000) + guide Rp.75.000 + sewa alat snorkeling Rp.160.000 (Rp.40.000 x , saya tidak dihitung krn bawa alat) = Rp.597.500.
      Naahh… total harga Rp.596.500 dibagi 5, jadi per orang Rp.119.500.
      Lebih murah rombongan karena biaya bisa digabung.
      Kalau kamu cuma berdua, kemungkinan lebih mahal🙂.
      Tapi coba nego aja lagi ma Dika.
      mudah2an sharingnya bisa membantu yaaahh😀

      Reply

      • mega sijabat
        Aug 21, 2012 @ 08:24:45

        nah dika bilang katanya saya digabungin sama grup lain. logikanya itu kan harusnya dihitung rombongan kan. tp td udah nawar dia keukeuh ga mau turunin. kuciwa deh. ya udinlah tetep ambil aja, males aja ntar udah sampe sana cengok cari cari kapal dan takutnya malah dapet harga lbh mahal. btw itu sewa udh buat seharian kan? sampe selesai?

  2. mebackpacking
    Aug 21, 2012 @ 08:31:13

    iyah, dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. hehehe…. tetep ga mau diturunin yah? tapi sebaiknya sih booking ma dia, karna kalo sah sampai disana cuma berdua justru takutnya lebih mahal harganya.

    Reply

  3. mega sijabat
    Aug 21, 2012 @ 08:34:32

    iya, ternyata beliau adalah pria tangguh dalam mempertahankan harga hahahha. aku udah book akhirnya demi menghindari kebodohan kalo kena harga lebih mahal. makasih buanyak yaaaaa. infonya sangat membantu loh🙂
    cheers!

    Reply

  4. mebackpacking
    Aug 21, 2012 @ 08:40:40

    Iyah sama-sama, have fun yaahhh😀

    Reply

  5. Fahmi
    Sep 20, 2012 @ 08:11:52

    kalau yang ini, spot favorit saya buat snorkeling😀

    Reply

  6. susan nancy.L (@susan_nancy)
    Mar 20, 2013 @ 14:35:10

    Hai-hai.. mau tanya donk.. waktu di lovina kamu nginep dimana? n harga kamar per malamnya berapa? Trus setelah nonton dolphin show itu, selesainya langsung ke menjangan yah? di lovina snorkling juga gak mba? Sorry yah banyak nanya.. soalnya aku lg mau prepare buat trip kesana 2 bln lagi. Ditunggu balesannya, makasih yaa.. ^___^

    Reply

    • Fetty Indria
      Mar 21, 2013 @ 01:03:28

      haii susan, waktu itu nginepnya di hotel angsoka, nih webnya http://www.angsoka.com. utk family room (berempat) Rp.400.000 sedangkan utk standard room Rp.250.000. di Lovina ga sempet snorkeling di Lovina, karena emg mau lgsg ke Menjangan, dan Menjangan itu cantik loh underwaternya.

      Reply

  7. susan nancy.L (@susan_nancy)
    Mar 21, 2013 @ 05:32:45

    Oh gitu.. trs waktu itu naik boat di lovinanya naik dari mana mba? apa disediain dari hotel, ato cari sendiri?
    rencananya aku mau jalan dari kuta jam12 malem, jd sampe lovina mau cari kapal dulu, liat dolphin n langsung ke menjangan, abis itu baru nginep di lovina. Tp ga tau harus kemana cari kapalnya pas ke lovina..😀

    Reply

    • mebackpacking
      Mar 21, 2013 @ 05:47:12

      kalau mau dari kuta lgsg, ke pantai lovina aja banyak kok kapal nelayan di pantai yang udah nangkring. harganya Rp.60.000/orang standarnya. Pantainya yang ada patung lumba-lumbanya yah…
      enaknya pesen via hotel, di bangunin & dianter ma org hotelnya.

      Reply

  8. susan nancy.L (@susan_nancy)
    Mar 21, 2013 @ 09:46:35

    kalo dari kuta nyari jalannya susah gak mba? trs perjalanannya brp lama sih? kalo aku mau jalan jam 12 malem keburu gak yah sampe sana jam 5 ?😀 Lokasinya namanya apa yah mba yg ada patung lumba2 itu? itu di pinggir jalan yah?

    Reply

  9. rifa
    Jun 17, 2013 @ 15:06:20

    i have been there too.🙂 tapi cuma bentaran karena telat. kurang puas sih sbnrnya..tp apa boleh buat. Kamera underwaternya juga msh yg tergolong biasa..jd hasilnya ga sebagus yg dipost di sini. tapi emang keren bgt sih menjangan🙂

    Reply

  10. baliadventure89
    Sep 04, 2014 @ 08:46:50

    just for information : Bali trekking organizer who organize Trekking Tours, jungle adventure, hiking, mountain treks in Bali : http://balijungletrekking.com/ thank you very much…

    Reply

  11. savitry
    Oct 21, 2014 @ 05:52:12

    buat teman2 yang mau travelling (apalgi backpackeran sebaiknya pelajari dulu semuanya dari A sp Z pasti amat sangat membantu lho..kan bs jg tu booking hotel by online..ok? selamat bertravelling ria ya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: