Vietnam adalah Negara Pertama yang Tertera dalam Pasporku

This slideshow requires JavaScript.

Berawal dari adanya paket promo Airasia Rp.0 pada bulan Mei 2010 dengan tujuan Vietnam, saya diajak teman untuk booking tiket untuk keberangkatan 11 bulan kemudian (April 2011). Pada saat booking, pasport pun belum ada. Namun dalam kurun waktu 11 bulan, saya menyiapkan pasport, itinerary dan mencari tahu tentang negara tujuan dengan sangat matang.
Dimulailah perjalanan ke negeri paman Ho Chi Minh dengan modal USD500 berdua, kota tujuan kami adalah Ho chi minh City (yang dikenal dg Saigon) dan Nha Trang. Saya dan teman saya baru pertama kali backpacking ke luar negeri, melihat pasport dicap untuk pertama kali rasanya berbunga-bunga😀. Imigrasi Indonesia mencap pasport saya di halaman depan sedangkan Imigrasi vietnam mencap pasport saya dihalaman paling belakang paspor, mmm… yg pertama dan terakhir halaman pasport sudah terisi nampaknya hehe…
Sampai di Tan Son Nhat Airport, kami agak kesulitan komunikasi karna bahasa inggris mereka tidak terlalu bagus, untung saya sudah mempersiapkan hal tsb, begitu order taxi yang langsung kami ucapkan “Ga Saigon” yaitu stasiun Saigon. Dan sampailah kami di stasiun Saigon. Rencananya dari Saigon ke Nha Trang akan naik kereta soft sleeper (kereta api yang ada tempat tidurnya), namun di TKP,kami berubah pikiran untuk mencoba kereta api kelas Bisnis. Kereta kelas bisnis ini ternyata memakan waktu yang lebih lama dari kelas soft sleeper, tepatnya 11 jam. Kasihan teman saya yang kakinya panjang, karena cukup pegal kakinya hehe… tapi kami tetap semangat!
Nha trang adalah kota pantai dengan pantainya yang bersih dan terorganisir dengan baik. Nha Trang itu seperti Bali tahun 1990an, disini kami mencoba makanan vietnam seperto Pho (baca:fhe) dan sandwich vietnam, asli vietnam looohh😀. Hari pertama di Nha Trang kami jalan kaki mengelilingi Kota Nha Trang. Di Nha trang, yang wajib dilakukan adalah Boat Trip. Boat trip dilakukan dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Dan kami ikut Boat trip ini di hari kedua, dan kami bertemu 5 orang indonesia, merekapun ikut Boat Trip bersama kami. Boat trip ini harganya hanya 120.000 VD (Rp.60.000) namun komplit, paketnya ; trip ke 4 pulau, snorkeling, makan siang gratis, dan yang seru hiburan dari awak kapal dengan band mereka dan gaya bencong mereka hahaha… semua turis dari berbagai negara berbaur menjadi satu dan joget bersama.
Hari berikutnya, kami kembali ke Saigon dengan menggunakan kereta api, namun kali ini mencoba kelas softsleeper, ternyata nyaman dan cepat, dalam 1 ruangan ada 4 tempat tidur.
Saigon adalah kota yang bersih dan tertata, walapun trafficnya sama dengan jakarta, sampe susah mau nyebrang😀. Di Saigon kami pergi ke Chu chi tunnels, disinilah kami melihat perjuangan masyarakat Vietnam dalam melawan kekejaman Amerika, diperlihatkan terowongan yang hanya muat untuk ukuran 1 orang asia, di dalam tunnels ini semua kegiatan dilakukan. Salut deh!. Di Saigon, kami juga bertemu dengan rombongan Indonesia yang satu guesthouse. Pepatah ‘ Dunia tak selebar daun kelor’ ternyata memang benar, dan sampai sekarang kami masih komunikasi dan akan melakukan trip ke Thailand 2012 ini. Ternyata Cap pasport pertama memberikan pengalaman tak terkira dan teman-teman baru yang menyenangkan dengan budget minimal.

2 Comments (+add yours?)

1. Jimmi
    Apr 05, 2016 @ 15:54:59

Hallo Mba Fetty.

mau nanya, kalo kereta itu harus on the spot ato bisa booking lewat web seperti KAI disini?

• mebackpacking
      Apr 05, 2016 @ 23:14:42

Haii jimmy…
      Aku sih dulu beli on the spot, waktunua lbh flexible n ga takut ketinggalan kereta. Tp kalo mau booking dulu bisa juga coba cek dihttps://vietnam-railway.com/