Cara Pembuatan Paspor Tanpa Calo (Desember 2010)

Sebenernya niat untuk bikin paspor dah dari pertengahan tahun 2010, tapi baru kesampaian di akhir tahun 2010. Rencananya mau bikin melalui calo, dah sempet nanya2 beberapa temen harga pasaran melalui calo dan kisarannya dari Rp.550.000 – 800.000. lalu juga dapat info dari BBM mengenai pengurusan paspor via online, tapi sayaaang…. Susah uploadnya, gagal terus.
Setelah Googling untuk pembuatan paspor sendiri, mulai tertarik untuk bikin paspor sendiri, tapi masa harus balik 3x?? hmmm….. kebetulan juga mau ngurus jamsostek, sooo… izin cuti untuk ngurus jamsostek & paspor. Imigrasi yang dituju adalah Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan di Jl. TB Simatupang, kebetulan ga jauh2 amat dari rumah hehe…
Alamatnya : Jl. TB Simatupang no.10 ( kalau dari arah fatmawati, lokasinya sebelum poin square, sebelah kiri jalan).

1. Datang ke Kantor imigrasi kelas 1 khusus Jakarta Selatan,kalau bisa pagi2 aja jam 7 udah ramee banget orang, langsung dibawa dok2 yg diperlukan ;
– KTP asli & fotokopi
– Kartu Keluarga (KK) asli & fotokopi
– Akte Kelahiran asli & fotokopi
– Ijazah asli & fotokopi
– Surat sponsor/surat keterangan kerja
Dokumen tambahan yang perlu dibawa ;
– Akte nikah (berhub gw blm nikah jd ga dicantumin diatas hehe)
– Surat keterangan ganti nama
Untuk penyerahan formulir ini (hari pertama) sebenarnya bisa diwakilkan dengan surat kuasa + materai 6000.
Begitu sampe, langsung ambil nomor antrian yg ada di bawah TV (sorry detail banget coz begitu lo pade masuk pasti bingung krn berasa lautan manusia), trus ke tukang fotokopi beli MAP & ambil formulir, formulirnya gratis. Map khusus imigrasi harganya Rp.5000.
Sambil nunggu antrian, isi formulirnya.
Nunggu antrian pasti lama, cek nomor antrian yg dipanggil, kalau sekiranya masih lama, sebaiknya ditinggal aja. Estimasinya, untuk nomor antrian 300an baru akan di panggil abis istirahat makan siang. Kantor imigrasi break makan siang jam 12.00 – 13.00 (hari senin – kamis) dan jam 11.30 – 13.00 (hari jumat). Kalau sudah dipanggil nanti akan di berikan kertas untuk balik lagi 2 hari ke depan untuk Foto, interview & pembayaran.

2. Naahhh…. Hari berikutnya balik ke Kantor imigrasi untuk Foto, interview & pembayaran. Untuk hari ke2 ini, kita wajib datang, karena ga mungkin dong fotonya di wakilkan hehe…. Kalau bisa datangnya pagiiiii seperti yg gw bilang, jam 7 juga dah rame. Begitu dateng, langsung coblos kertas yg dikasih kemarin di depan loket 4. Itu pasti dah numpuk banyak kertas. Loketnya sendiri baru buka jam 8. Tunggu panggilan lagi untuk menerima struk pembayarannya, kalau sudah terima, langsung ke loket kasir, coblos lagi di depan loket kasir selanjutnya menunggu panggilan, kalau sudah di panggil, langsung melakukan pembayaran Rp.270.000 (harga thn 2010) terdiri dari ;
– Buku paspor Rp.200.000
– Biometric Rp. 55.000
– ITT /sidik jari Rp. 15.000
Setelah melakukan pembayaran, akan diberikan kwitansi pembayaran bertanda lunas untuk tahap selanjutnya yaitu Foto, interview & biometric. Begitu terima kwitansi pembayaran, langsung ke lantai 2, ke loket untuk minta nomor antrian. Nomor antrian terdiri dari huruf & angka, co/ : A200, B200 & C200. Perbedaan huruf pada nomor antrian merupakan identifikasi pembuatan paspor, A = regular (pembuatan sendiri), B = referensi dan C = melalui biro jasa.
Antrian foto akan memakan waktu cukup lama, setelah dihitung estimasinya 1 nomor = 5menit. Jadi kalau nomornya memang masih jauh, bisa ditinggal dulu, tinggal dihitung aja nomor antrian keberapa. Biasanya setelah makan siang itu baru urutan panggilan nomor antrian 70an. Fiuuuhh… lama kan? Hehe….sabar aja. Yaahh sambil nunggu bisa dandan dulu biar fotonya cantik ;p.
Kalau udah dipanggil, langsung duduk dan di foto, lalu sidik jari. Naahh..lanjut interview. Semua dilakukan oleh satu orang. Interviewnya sebentar kok… paling Cuma ditanya dalam waktu dekat mau kemana & ngapain, Cuma basa-basi aja. Oiya, kalau ada koreksi data bisa langsung diinfokan pada saat interview. Kemarin sih gw minta tambah nama dari 2 suku kata (Fetty indria) jadi 3 suku kata (Fety Indria Tanjung), kalau-kalau ada rezeki bisa ke tanah suci, jadi ga perlu bikin paspor lagi hehehe…. Amiiiinnn.
Setelah selesai, nanti akan diinfokan untuk pengambilan paspor dalam waktu 4-5hari kerja dengan membawa struk pembayaran yang tadi. Rasanya legaaa…. Akhirnya dah slesai, tinggal ambil paspor😀.

3. Hari Pengambilan paspor : begitu sampe, silahkan langsung ke loket 5, paling pojok (kantor imigrasi Jaksel yaaa…), langsung coblos lagi Struk pembayaran nya didepan loket 5. Lalu tinggal tunggu panggilan untuk menerima Paspor nya. Oiya, pengambilan paspor juga bisa diwakilkan, kalau keluarga (ortu, kakak/adik, suami/istri) tidak perlu surat kuasa, tapi kalau diwakilkan orang selain keluarga dengan surat kuasa diatas materai Rp.6000. Setelah terima Buku Paspor nya, kita disuruh fotokopi buku paspor bagian depan & belakang, dan diserahkan kembali ke loket 5. Fiiiuuuuuhhh……. Akhirnya punya paspor juga heheheheeeee……..

Kalau emang temen2 ada waktu, sebenernya enakan bikin sendiri, hemat biaya hehe…. Soo, selamat mencoba yaaahhh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: